Pertolongan Pertama Ketika Buah Hati Anda Tersedak

bayi tersedak

ANDA mungkin saja mengalami buah hati anda mengalami tersedak makanan. Atau anda menduga buah hati anda tersedak ketika melihatnya roboh setelah makan atau memasukkan sesuatu kedalam mulutnya. Ketika buah hati anda tersedak, ia akan menunjukkan tanda-tanda kesulitan bernafas seperti mendesah, terengah-engah, tersedak atau memegang batang lehernya.

Seorang bayi yang jalan nafasnya terhambat akan mengalami kesulitan bernafas,batuk, atau menangis.

Ketika jalan nafas buah hati anda hampir tersumbat secara sempurna, ia akan menunjukkan gejala-gejala seperti mengeluarkan bunyi yang bernada tinggi dari hidungnya saat ia bernafas, mengalami kesulitan yang sangat untuk bernafas dan mengeluarkan batuk yang sangat lemah bahkan tidak sama sekali. Pertolongan pertama pada kejadian jalan nafas hampir dan sudah sangat tersumbat adalah sama.

Langkah-langkah dasar untuk mengeluarkan sesuatu dari jalan nafas seorang bayi adalah menggosok punggung dan menekan dada, akan tetapi jangan lakukan hal tersebut bila bayi dapat bernafas, batuk ataupun menangis.

Menggosok Punggung

Baringkan bayi diatas lengan anda, dengan posisi kepala lebih rendah dibanding dada. Sokong kepala bayi dengan meletakkan tangan disekitar rahang dan dibawah dada. Letakkan tangan anda diatas paha anda. Gosok punggung sang bayi pada bagian diantara kedua sayap dadanya sebanyak lima kali menggunakan tumit telapak tangan anda. Lalu balikkan sang bayi.

Balikkan Sang Bayi

Posisikan tangan anda yang bebas pada punggung bayi, dan kepit dia diantara tangan dan lengan anda. Satu tangan memegang dada, leher, dan kepala sang bayi. Pegang ia diantara tangan dan lengan anda, lalu balikkan kepalanya. Letakkan tangan anda diatas paha anda, dan posisikan sang bayi sehingga kepalanya lebih rendah dibanding dadanya.

Tekan Dada Sang Bayi

Tekan dada sang bayi pada bagian tulang dada sebanyak lima kali menggunakan dua ujung jari anda. Posisikan jari anda kurang lebih satu jari dibawah garis lurus puting sang bayi. Tangan anda harus berasal dari arah sisi samping sang bayi, sehingga jari anda dapat bergerak naik dan turun diantara tulang dada.

Jika sang bayi tetap tersedak, ulangi menggosok punggungnya dan menekan dadanya dan segera carilah bantuan.

(Sumber : Buku Pintar Perawatan Bayi dan Anak, Iskarima Ratih S.Psi, Ilustrasi: myhealth.ucsd.edu)

0 komentar:

Posting Komentar