Tahun Pertama Tahun Yang Penting Bagi Bayi Anda

Violino Ridho Pratama LAgi Tidur

Sebagai ibu baru, salah satu keputusan paling penting yang harus anda buat adalah bagaimana memberi makan bayi anda. Tidak diragukan lagi, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI juga melindungi bayi dengan cara membangun kekebalan tubuh.

Bagi ibu-ibu yang tidak dapat menyusui atau memutuskan untuk tidak menyusui, telah tersedia susu formula bayi.  Walaupun susu formula berbahan dasar susu sapi adalah rekomendasi pertama dari ahli kesehatan apabila anda tidak menyusui, susu formula sebenarnya dikembangkan untuk bayi-bayi dengan kebutuhan atau kondisi khusus.

Pada tahun pertama, bayi tumbuh jauh lebih pesat bila dibandingkan dengan periode lainnya. Biasanya, pada akhir 12 bulan pertama berat badan bayi sudah tiga kali lipat, dan panjang tubuhnya bertambah 50%. Otak juga menjadi tiga kali lebih berat. Pada periode pertumbuhan yang sangat cepat ini, pemberian nutrisi yang tepat merupakan bagian dari perawatannya.

 

Memberikan petunjuk dasar tentang cara-cara merawat bayi, kebutuhan-kebutuhan khusus bayi prematur, serta peristiwa-peristiwa penting dalam masa perkembangannya.


Membahas manfaat dan teknik menyusui.

Membahas pemberian susu formula.

Menguraikan secara rinci proses menyapih bayi.

Memberi saran bagaimana mengelola hal yang mencemaskan seperti misalnya diare dalam konteks nutrisi.

ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Susu formula bayi dimaksudkan sebagai pengganti ASI bila ibu tidak menyusui. Nutrisi yang baik semasa hamil sangat penting sebagai persiapan dan perawatan menyusui. Memberikan susu-formula secara parsial dapat berpengaruh negatif pada pemberian ASI, dan mengubah keputusan untuk tidak menyusui sulit dilakukan. Saran para ahli kesehatan harus diikuti dalam pemberian makan bayi. Susu formula bayi harus disiapkan dan digunakan sesuai petunjuk. Penggunaan susu formula bayi secara tidak benar atau tidak tepat dapat menimbulkan bahaya kesehatan. Pengaruh sosial dan finansial harus dipertimbangkan pada saat memilih cara memberi makan bayi.Sumber:wyethindonesia

0 komentar:

Posting Komentar