5 Tips Lagi Tips Membangun Karakter Anak

5 Tips Lagi Tips Membangun Karakter Anak

5 Tips Lagi Tips Membangun Karakter Anak

1. Hukumlah dengan hati yang mengasihi

Saat ini, hukuman banyak dicap memiliki reputasi yang buruk. Sebagai akibatnya, hal ini menghasilkan sekelompok orangtua yang sering merasa bersalah dan anak-anak yang belaku sesuka hati hingga tidak terkontrol.

Anak-anak membuhkan batasan. Mereka terkadang akan mengabaikan batasan-batasan ini pada waktu tertentu. Hukuman yang wajar merupakan salah satu cara yang akan selalu dipelajari oleh manusia. Anak-anak harus mengerti apa tujuan dari pemberian hukuman dan mengetahui bahwa sumber dari segala hukuman itu adalah atas dasar kasih sayang dari orangtuanya.

2. Belajar untuk mendengarkan anak-anak anda

Merupakan hal yang mudah untuk tidak menghiraukan ocehan anak anda. Namun salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan baginya sebenarnya adalah dengan menanggapi pembicaraannya secara serius dan menyediakan waktu khusus untuk mendengarkan apa yang ingin disampaikan anak anda.

3. Libatkan diri secara mendalam ke dalam kehidupan sekolah anak anda

Sekolah merupakan kegiatan utama dalm kehidupan anak anda. Pengalaman-pengalaman yang diperolehnya dari sana adalah berupa kumpulan dari campuran antara keberhasilan dan kekecewaan. Bagaimana sikapnya saat menghadapi semua pengalaman tersebut akan mempengaruh arah kehidupannya selanjutnya.

Membantu anak anda menjadi seorang pelajar yang baik adalah satu cara untuk membantunya memperoleh karakter yang kuat.

4. Buatlah acara makan bersama kelurga sebagai suatu hal yang penting

Salah satu tren yang paling berbahaya di jaman sekarang ini adalah menghilangnya tradisi acara makan dengan duduk bersama-sama seluruh keluarga.

Meja makan bukan hanya sebuah oerabot tempat meletakkan makanan di atasnya taupun tempat untuk membicarakan masalah keluarga. Meja makan juga merupakan tempat untuk mengajari dan membagikan nilai-nilai keluarga kepada anak-anak kita.

Tata krama dan peraturan akan diserap dengan baik di meja makan. Waktu makan keluarga seharusnya adalah waktu untuk untuk berkomunikasi dan menyampaikan teladan yang akan dipelajari anak anda dan dipaktekkannya di dalam kehidupannya di masa mendatang.

5. Jangan mengajari hanya sebatas kata-kata saja

Kita memplajari kebiasaan melalui praktk. Orangtua harus membantu anak mereka dengan cara mencontohkan perilaku moral yang baik melalui disiplin diri, kebiasaan kerja yang baik, berbuat kebaikan danberoleransi terhadap orang lain, serta melakukan pelayanan kepada masyarakat di sekitarnya.

Hal yang digarisbawahi dalam hal perkembangan karakter adalah sikap. Sebagai orangtua, anda tentu ingin agar anak anda dapat mebangun karakternya sendiri, sementara anda menerima tanggung jawab sebagai pembangun lingkungan yang mendukung bagi perkembangan itu, baik secara fisik maupun moral. Kita perlu menciptakan sebuah lingkungan dimana anak-anak kita dapat mengembangkan kebiasaan jujur, murah hati, dan memiliki rasa keadilan yang tinggi..
Dan bagi kebanyakan dari kita, kesempatan terbesar yang kita miliki secara pribadi untuk memperdalam karakter kita sendiri adalah melalui darah, keringat dan air mata yang telah dan akan kita curahkan demi usaha kita untuk menjadi orangtua yang baik. Sumber:haekng

0 komentar:

Posting Komentar