6 Kiat Meninabobokan si Kecil

6 Kiat Meninabobokan si Kecil

APA pun penyebab tangis bayi, kita tentu terdorong untuk menenangkannya. Ada banyak cara untuk membuainya kembali agar tertidur pulas. Yang pasti, ia terasa tak segera bisa tidur jika hati kita gelisah. Karena itu, tenangkan diri dulu sebelum berusaha menidurkan buah hati kita.

1. Lakukan segala sesuatu terhadap bayi Anda secara konsisten. Misalnya, ucapkan kata pengantar tidur dan berikan ciuman setelah meletakkannya di tempat tidur. Anak merasa diperhatikan dan dicintai. Jika rasa amannya telah tumbuh dia akan tidur dengan sendirinya. Atau yakinkan si kecil bahwa Anda selalu berada di dekatnya dan mintalah dia untuk tidur.

2. Biasakan bayi Anda untuk tidur pada waktu yang relatif sama. Begitu pula dengan ritual makan, mandi dan kegiatan lainnya.

3. Biasakan bayi Anda tidur di tempat tidur, bila perlu di boks bayi. Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur, seperti tata cahaya, ventilasi udara, tata ruang kamar, suhu ruangan dan keadaan boks atau tempat tidur itu sendiri. Hindari suara bising yang membuatnya terjaga. Dengan menempatkan bayi di boks bayi, dia akan belajar bagaimana tidur tanpa bantuan Anda.

4. Bila perlu, Anda mendongeng agar bayi tertidur lelap. Pilihlah buku dongeng yang lucu, menarik dan singkat ceritanya. Bacakan secara lembut dan berulang-ulang. Ketertarikan bayi terhadap dongeng tersebut, bergantung pada kemampuan orangtua mendongeng.

5. Perdengarkan musik yang lembut. Musik indah akan membuai bayi dengan cepat. Apalagi jika ia telah terbiasa mendengarkan musik ketika masih dalam kandungan ibu. Musik juga memberikan efek terapi yang dapat merangsang perkembangan otak bayi.

6. Suara lembut Anda juga membuainya tidur. Bersenandunglah untuknya dengan suara lembut, sembari mengucapkan kata-kata penuh rasa sayang. Ulangi kata-kata tersebut saat meletakkan bayi di tempat tidurnya. Si kecil akan tidur pulas dengan tenang.
(Mom& Kiddie//tty). Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar