Kiat Mengembangkan Otak Anak

Kiat Mengembangkan Otak Anak

Kiat Mengembangkan Otak Anak

Dua komponen dasar dalam perkembangan otak anak, yaitu lingkungan yang aman dan pengalaman positif menurut Dr Eddy Supriyadi SpA, dari RS Sardjito Yogyakarta.

Saat seorang bayi merasa tertekan, otak akan merespon dengan menghasilkan zat kortisol. Kadar kortisol yang tinggi akan memperlambat perkembangan otak. Lingkungan aman dan nyaman diperlukan bayi untuk membantu perkembangan otaknya. Beri respon saat bayi menangis maupun mengoceh.

Pengalaman yang diterima setiap hari juga akan membantu perkembangan otak anak. Aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajak anak ke pasar atau ke toko buku, menurut dokter anak lulusan UGM ini, sangat penting untuk pembentukan jaringan perkembangan sel otak.

Dr Eddy memberikan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak:

* Beri perawatan dan kasih sayang yang adekuat selama masa kehamilan.
* Beri nutrisi yang cukup. Enam bulan pertama kehidupan bayi, berikan kecukupan nutrisi dengan ASI.
* Berikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.
* Berbicaralah kepada bayi. Buat kontak mata saat berbicara dengan anak. Jangan lupa selalu tersenyum kepada anak.
* Bila harus menitipkan anak, carilah tempat penitipan yang bermutu tinggi.
* Kenalkan aneka ragam musik pada anak, dan bernyanyilah bersama.
* Beri interaksi yang nyata dengan anak demi perkembangan otaknya. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Batasi waktunya.
* Beri ruang bagi anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya.
* Redakan stres pada orangtua. Orangtua yang mengalami stres cenderung mengalihkan stres kepada anaknya. Bila Anda merasa stres, cobalah bercerita kepada orang yang dekat dengan Anda.
* Ingat, otak tidak akan pernah berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara terus-menerus. Sumber:jawaban.com

0 komentar:

Posting Komentar